Perencanaan Desain Model Konstruksi Atap Tenda Membrane

desain konstruksi atap tenda membrane

Konsep Dasar Struktur Atap Tenda Membrane

Struktur membran bergantung pada kelengkungan ganda untuk menahan beban yang dikenakan secara efektif dan efisien.

Bayangkan bahan kain yang memiliki permukaan rata. Dibuat dengan dipaksakan hanya bertujuan untuk  mempunyai fleksibelitas tarikan pada kabel sling horizontal hampir miri sedikit seperti membuat kabel penahan pada jembatan gantung yang terbentang mendatar dan dengan fungsi penahan beban tinggi.

Konsep Utama Bentuk Atap Tenda Membrane

Pola Hiperbolik Shading

Pemetaan Model Shading

  • Dalam gambar disamping suatu Pola Paraboloid Hiperbolik klasik, setiap titik pada permukaan membran dapat ditumpun dengan ditahan pada setiap titik sudut. Dua poin titik sudut yang tinggi mengambil setiap lekukan dan dua poin rendah berfungsi menahan angin

Tujuan dan Fungsi

  • Artinya semakin rata kain, yaitu semakin kecil pula perbedaan tinggi antara titik sudut yang tinggi dan sudut yang rendah, semakin besar beban yang dihasilkan akan berada di sudut-sudut tiang penopangnnya. Struktur kain penutup adalah bentuk unik di mana tekanan udara konstan yang bergelembung pada kain diteruskan ke setiap sisi dan sudutnya dalam bentuk yang merata, hal ini juga menunjukkan konsepsi dengan model kelengkungan ganda. Bentuk model seperti paraboloid hiperbolik memiliki kelengkungan yang berlawanan.
model shading membrane

Pola Model Krucut

Pemetaan Model Kerucut

  • Bentuk model kerucut dan lengkung umumnya adalah bentuk seperti gambar disamping.
  • Hampir semua kanopi tarik berasal dari salah satu atau kombinasi dari tiga bentuk ini. Permukaan ini berasal dari salah satu atau kombinasi dari tiga bentuk ini. Permukaan membran mengadopsi jenis kelengkungan ganda yang serupa.

Tujuan dan Fungsi

  • Tantangan kreatif bagi para desainer adalah untuk mengeksplorasi pengembangan bentuk-bentuk baru yang mencolok, yang memenuhi persyaratan struktural permukaan membran. Mengembangkan bentuk baru elemen tarikan gelembung, dan memvariasikan desain koneksi dengan parameter yang memungkinkan dalam berbagai variasi yang mampu menghadirkan nuansa dramatis dalam penampilan strukturnya
galery desain membrane

Pola Model Lengkung

Pemetaan Model Lengkung

  • Bentuk membran yang bisa memiliki sudut yang standar (lunak) maupun sudut yang lancip atau runcing, tarikan model gelembung atau seperti model minimalis. Umumnya Pembuatan membrane model lengkung tidak terlepas dari konsep bentuk gambar disamping dan hampir sering merupakan kombinasi dari bentuk-bentuk ini.

Tujuan dan Fungsi

  • Kelenturan dan fleksibelitas adalah gaya tarik yang diperkenalkan di kanopi selama beban tarikan maksimal. Bentuk permukaan membran ditentukan oleh rasio tarikan antara sudutnya dalam dua arah utama pada tititk kelengkungannya. Konsep Ini dapat di visualisasikan dalam proses pembuatan bentuk gambar 3D di dalam komputer. Nilai tetap ataupun absolut dari kelenturan tarikan dihitung secara maksimal untuk menjaga semua bagian membran dalam tarikan optimal dengan mempertimabangkan kemungkinan potensi beban.
atap tenda membrane lengkung

Jaya Mandiri Teknik

Inovasi Menginspirasi Atap Konstruksi Masa Kini

Setiap beban yang bergerak hidup yang dipaksakan akan berdampak dan diteruskan dengan mendistribusikannya beban tersebut kembali pada setiap sudut tiang tekanan di dalam atap tenda membran. Jika tarikan sling ini tidak seimbang dan  menghasilkan bagian yang mengalami kompresi, atau ada bagian yang kurang dan menjadi kendur, maka akan terjadi lipatan dan muncul pada bagian yang terdampak. Demikian pula jika tarikan sling tidak cukup kuat, maka beban yang timbul akan menghasilkan efek mengantung seperti gelembung kebawah.

Untuk jabawan dan Hasil terbaik silahkan langsung komunikasikan dengan tim ahli kami.

Tinggalkan Komentar